Jumat, 15 November 2013

Sumber- Sumber Akhlak

          Al- qur’an dan hadits merupakan sumber dari akhlak karena didalam al-qur’an dan hadits mengajarkan bagaimana cara seseorang berbuat baik. Dengan itu menjelaskan bahwa dengan mempelajari keduanya seseorang akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Al-qur’an bukan lah hasil dari pemikiran para manusia, melainkan langsung dari firman Allah swt sehingga diyakini kebenarannya sedangkan hadits merupakan perkataan dan tingkah laku Rasulullah saw. Dijelaskan dalam surat Al- Ahzab: 21 dan Al-Qalam: 4 

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌۭ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا
Artinya:
            “sesungguhnya telah ada pada( diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan  dia banyak menyebut nama Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍۢ
Artinya:
            “Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti (akhlak) yang Agung.”(QS. Al-Qalam: 4)

Juga dijelaskan dalam sabda Nabi:

إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق
Artinya:
            “bahwasanya aku bangkitkan(utus) adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak.”(HR. Baihaqy).
أكمل المؤمنين إيمانا أحسنهم خلقا
Artinya:
            “orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang mukmin yang paling baik akhlaknya.”(HR. Tirmidzi).

            Dari keterangan hadits diatas dapat disimpulkan bahwa akhlak sangat dipentingkan berkaitan dengan masalah kerisalahan (utusan) Nabi Muhammad SAW dan juga berkaitan dengan masalah keyakinan (keyakinan teguh bagi seluruh umat manusia).

2.      Konsep akhlak dalam ajaran islam
a.       Konsep kebajikan yang mutlak, islam telah mengajarkan ahlaqul karimah kepada semua pemeluknya dengan terus menerus dan berkesinambungan.
b.      Kebaikan yang menyeluruh, akhlak islami menjamin kebaikan bagi seluruh umat manusia dan bahkan seluruh alam ini(rahmatan lil alamin).
c.       Kemampuan, akhlak islami sesuai dengan ilmu dan kemampuan yang dimiliki manusia itu.
d.      Kewajiban yang dipenuhi. Akhlak yang bersumber dari agama islam wajib ditaati manusia karena mencapai seluruh aspek kehidupan.
3.      Tujuan pembinaan akhlak
Melihat dari segi tujuan akhir setiap ibadah adalah pembinaan taqwa, taqwa mengandung arti melaksanakan segala perintah agama dan meninggalkan segala larangan.

PERBEDAAN MORAL, AKHLAK DAN ETIKA
1.      Pengertian akhlaq, etika, dan moral
Akhlak      a.       Secara bahasa (etimologi) adalah bentuk jama’ dari kata khuluq                         (khuluqun) yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah                                                       laku,atau tabiat.
                  b.      secara istilah adalah kehendak atau tindakan yang sudah                            menyatu dengan pribadi seseorang dalam kehidupannya                            sehingga sulit dipisahkan, karena kehendak dan tindakan itu                             sudah mendarah daging dan menjadi bagian yang tak                              terpisahkan, maka seseorang dapat mewujudkan kehendak dan                             tindakannya itu dengan mudah tanpa adanya pemikiran atau                             pertimbangan.
Etika          a.        Secara bahasa berasal dari bahasa yunani, etos yang berarti                            watak kesusilaan atau adat. Sedangkan menurut kamus umum                                    bahasa indonesia, etika diartikan ilmu pengetahuan tentang                            asas-asas akhlak(moral)
                  b.      secara istilah yaitu suatu ilmu yang menerangkan pengertian                            baik buruk, menjelaskan apa yang seharusnya dilakukan oleh                            manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia,                            menjelaskan tujuan yang seharusnya dituju dan menunjukkan                            jalan untuk melakukan sesuatu yang seharusnya diperbuat.
Moral         a.       Secara bahasa berasal dari bahasa latin, mores yaitu jamak dari                            kata mos yang berarti adat kebiasaan. Sedangkan menurut                            kamus umum bahasa indonesia dikatakan bahwa moral adalah                            penentuan baik buruk terhadap perbuatan dan kelakuan.
                  b.      secara istilah moral adalah suatu istilah yang digunakan untuk                            menentukan batas- batas dari sifat, kehendak, pendapat atau                            perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik                            atau buruk.
2.      Perbedaan antara akhlaq, etika dan moral
Per4bedaan akhlak, etika, dan moral itu dapat dilihat dari segi sumber dan sifatnya. Akhlak bersumber dari wahyu Allah, etika bersumber dari akal, dan moral bersumber dari adat istiadat.
3.      Manfaat akhlak, etika dan moral
a.       Mencapai budi pekerti luhur, sehingga mendapat ketenangan didunia dan diahiratnya.
b.      Akhlakqul karimah sebagai simbol kesempurnaan iman seorang mu’min.
c.       Menjadikan hidup penuh dengan makna dan selalu mencapai hikmah dalam hidup.
d.      Menjadikan seseorang tersebut menjadi lebih mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar